Senin, 15 April 2013

Pengertian Domain dan Hosting


Pengertian Domain dan Hosting

Saya akan mencoba menjelaskan dengan lebih simpel tentang domain dan hosting. Sebuah website terdiri dari 3 hal, yaitu:

  1. Domain : nama / alamat website anda
  2. Hosting : tempat menyimpan segala file website
  3. Design : penampilan sebuah website
tanpa salah satu di atas website anda tidak akan dapat di akses melalui internet.
jika harus diibaratkan dengan dunia nyata maka website itu seperti sebuah rumah. Domain adalah alamat untuk menuju rumah anda, hosting adalah tanah dan design adalah bentuk bangunan rumah anda.

Domain

Domain dibagi menjadi 3 juga
  1. Domain TLD (Top Level Domain) : adalah domain-domain yang paling populer di pakai di seluruh dunia seperti .com, .org, .net, .info dan beberapa ekstensi lainnya
  2. Second Level Domain : adalah domain level 2 seperti yang saya gunakan sekarang ini. gatrik.net (gatrik=second level domain, .net = top level domain). Di Indonesia kita juga kenal seperti .co.id, .web.id, net.id dan beberapa ekstensi lainnya
  3. Lower Level Domain : biasanya juga disebut dengan subdomain. misal seperti forum.gatrik.net
Berikut jenis-jenis domain berdasarkan Top Level Domainnya. Alias pembagian nama domain berdasarkan ekstensi domain tersebut :
1. Global Top Level Domain (gTLD) adalah domain yang menggunakan ekstensi global/TLD internasional. Ada banyak jumlah GTLD yang bisa digunakan untuk website, diantaranya :
  • .COM (Commercial) untuk perusahaan komersil
  • .NET (Network) untuk perusahaan jaringan/networking
  • .ORG (organization) diperuntukkan bagi badan organisasi
  • .TV (television) khusus untuk perusahaan penyiaran televisi
  • .GOV (government) untuk lembaga pemerintahan.
  • dan masih banyak yang lain seperti .cc, .in, .co, .im dan sebagainya.
2. Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah domain yang dikhususkan untuk digunakan di masing-masing negara. Untuk bisa menggunakan ekstensi domain ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan pada masing-masing negara. Kalau di Indonesia sendiri minimal mewajibkan.ID (Indonesia) ekstensi domain untuk Indonesia
  • .AU (Australia) ekstensi domain untuk Australia
  • .MY (Malaysia) ekstensi domain untuk Malaysia
  • .UK (United Kingdom) ekstensi domain untuk Inggris
  • .SG (Singapore) untuk negara Singapura
  • dan masih banyak yang lain tergantung negara masing-masing.


Domain di indonesia

Domain Indonesia (.id) adalah ekstensi domain yang digunakan di Indonesia. Berikut detail penggunaan dan syarat untuk mendapatkan domain khusus Indonesia
1. Jenis-jenis domain indonesia
  • .CO.ID = untuk perusahaan komesial
  • .WEB.ID = untuk individu/kelompok
  • .SCH.ID = untuk sekolahan
  • .AC.ID = untuk perguruan tinggi
  • .OR.ID = untuk organisasi
  • .GO.ID = untuk bedan pemerintahan
  • .NET.ID = untuk perusahaan jaringan
2. Persyaratan Daftar Domain Di Indonesia
  • .CO.ID = KTP*, akta niotaris/SIUP dan hak merk
  • .WEB.ID = KTP*
  • .SCH.ID = KTP*, surat kuasa, surat permohonan dari kepala sekolah
  • .AC.ID = KTP*, SK Depdiknas Pendirian, Akta Notaris Pendirian, Surat Kuasa Pimpinan Lembaga
  • .OR.ID = KTP*, Akta Notaris atau SK Organisasi
  • .NET.ID = KTP*, SIUP, Kepemilikan Merk, SIUP Telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, dsb)
  • .GO.ID = KTP*, Surat permohonan di tanda tangani oleh Sekjen/Sekut/Sekmen untuk Pemerintah Pusat atau Sekda untuk Pemda, dan Surat kuasa
[box_light]Sayangnya hanya karena alasan optimasi SEO terutama teknik keyword on domain, banyak sekali orang yang tidak mengikuti kaidah-kaidah di atas. Seperti .org untuk organisasi, .net untuk jaringan.[/box_light]


Hosting

Hosting sendiri adalah layaknya PC atau server yang wajib menyala 24 jam non stop. Karena jika hosting mati, maka secara otomatis semua domain yang di-hosting tidak akan bisa diakses. Oleh karena itu jika kita berbisnis secara online maka pilihlah server yang berkulatas dan tidak sekedar murah!. 
Server yang baik rata-rata memiliki uptime 99%. atau dalam satu bulan dapat hidup sekitar 715 jam. Biasanya setiap hosting sudah menampilkan up time nya di halaman depan layanan mereka.
Ke depan nanti saya akan sharing lebih teknis tentang cara memilih server hosting yang berkualitas.

Jenis-Jenis Hosting

Berdasarkan Biaya
  • Free hosting adalah hosting yang disediakan secara gratis
  • Trial hosting adalah hosting yang diberikan kepada calon pelanggan untuk ujicoba kehandalan dan fasilitas hosting. Biasanya trial hosting diberikan 30-60 hari saja.
  • Paid Hosting adalah hosting yang mengharuskan membayar biaya sewa. Hosting jenis ini paling banyak digunakan. Tidak lain karena pelayanan dan kualitasnya tentu tidak asal-asalan.
Berdasarkan Client
  • Shared hosting yaitu hosting/server yang digunakan secara bersama-sama (berbagi) oleh banyak pelanggan. Hosting jenis ini paling banyak dipilih karena harganya jauh lebih murah.
  • Virtual Privat Server (VPS) adalah server hosting yang digunakan secara pribadi (privat). Pelanggan VPS mempunyai akses penuh terhadap VPS tidak seperti Shared yang terbatas pada level user. Dalam 1 server masih dimungkinkan digunakan oleh beberapa user.
  • Dedicated server adalah sebuah server yang benar-benar digunakan perorangan. 1 server 1 pengguna. Server ini memiliki tingkat security yang tinggi karena tidak ada intervensi dari pengguna lain. Biasanya digunakan oleh perusahaan corporate yang memiliki data-data penting dan situs-situs yang memiliki trafik puluhan ribu perhari
  • Cloud Hosting adalah teknologi hosting dimana file-file hosting ditempatkan dilebih dari 1 server. Sistem pembayarannya pun berbeda dengan tipe hosting lain. Sistem pembayarannya pun cukup unik. Klien hanya akan dikenakan biaya sesuai dengan resiurce yang digunakan.
Berdasarkan Lokasi
Sebenarnya setiap negara memiliki server sendiri-sendiri. Hal ini lebih ditekankan ke geo targeting. Jika target kita di indonesia, maka gunakan server Indonesia (IIX), target Asia bisa menggunakan server singapura (SGP) atau bahkan serber USA untuk target market Amerika dan Eropa.
Sumber : http://gatrik.net/pengertian-domain-dan-hosting/

Pengertian Domain & Jenis-jenis Domain


Pengertian Domain & Jenis-jenis Domain – Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “balimechanicweb.net”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.Dalam membuat atau membangun sebuah website, hal yang selalu dan wajib ada adalah domain dan web hosting. untuk web hosting akan kami bahas kemudian karena web hosting juga bersifat optional. website dan domain sangat erat hubungannya dan tidak dapat terpisahkan. adapun bahwa nama domain itu ada beberapa jenis. Dan penggunaannya pun disesuaikan dengan tujuan dan lokasi negara.

TLD atau Top Level Domain Name adalah ektension atau kata yang berada dibelakang domain seperti .com (dot commercial), .net (dot network), .org (dot organization), .info (dot information) .edu (dot education), .gov (dot goverment), dan .mil (dot military).


Ada dua Top Level Domain, yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah domain yang akhiran .com, .net dan .org sedangkan ccTLD adalah TLD yang dikhusus untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, go.id, net.id dll) atau Jepang dengan kode jp (co.jp, ne.jp, or.jp dll).


Top Level Domain ada beberapa jenis : generik dan yang disponsori .yang generik ada beberapa jenis pula .walaupun tiap jenis TLD sebenarnya memiliki arti tersendiri . penjelasanya dapat dilihat dibawah ini :


    .biz : Digunakan untuk keperluan bisnis.

    .com : Digunakan untuk keperluan komensial.
    .edu : Digunakan untuk keperluan pendidikan.
    .info : Digunakan untuk keperluan informasi.
    .name : Digunakan untuk keperluan web pribadi.
    .net : Digunakan untuk keperluan internet.
    .org : Digunakan untuk keperluan organisasi.
    .pro : Digunakan untuk keperluan profesional.
selain itu ada juga  beberapa domain yang dikembangkan menggunakan sponsor seperti :

    .aero : Digunakan untuk perusahaan penerbangan.

    .asia : Digunakan untuk domain di asia.
    .cat : Digunakan untuk kategori.
    .coop : Digunakan untuk perusahaan cooperation.
    .edu : Digunakan untuk pendidikan.
    .gov : Digunakan untuk pemerintahan.
    .int : Digunakan untuk internasioal.
    .jobs : Digunakan untuk pekerjaan.
    .mil : Digunakan untuk militer.
    .mobi : Digunakan untuk keperluan mobile communication.
    .tel : Digunakan untuk telekomunikasi.
    .museum : Digunakan untuk website musium.
    .travel : Digunakan untuk perjalanan.
Domain Indonesia:

 .ac.id : Jenis domain yang digunakan bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

.co.id : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi komersial yang pada ketentuan dan kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.or.id : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi selain organisasi yang masuk kedalam kategori domain ac.id, co.id, net.id, go.id, mil.id, sch.id, dst dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.net.id : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.web.id : Jenis domain yang digunakan bagi personal dan organisasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.sch.id : Jenis domain yang digunakan bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.go.id : Jenis domain yang digunakan khusus bagi instansi pemerintah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.mil.id : Jenis domain yang digunakan bagi kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.war.net.id Jenis domain yang digunakan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
Keuntungan Memiliki Top Level Domain (TLD)
Keuntungan yang dapat diperoleh jika memiliki Top Level Domain (TLD) ialah hasil pencariannya lebih diutamakan di search engine. Sehingga situs yang menggunakan Top Level Domain akan lebih diunggulkan peringkatnya dalam hasil pencarian di google. Selain itu (TLD) membuat website anda terlihat lebih profesional  dan pengunjung juga mudah mengingat domain website anda.

Sumber : http://blog.balimechanicweb.net/2012/07/pengertian-domain-jenis-jenis-domain/


1 komentar:

  1. How to Get Free Coins at Slots.lv Casino - Dr.MD
    The best online slots 이천 출장마사지 games in the world · 광주광역 출장샵 1. Wild Wild; 2. Starburst; 계룡 출장샵 3. 군포 출장마사지 Vegas Slots. · 오산 출장샵 4. Slots.

    BalasHapus