Selasa, 19 Februari 2013

Cara Mengunci Dan Menyembunyikan Rumus Di MS Excel

Dengan Menggunakan Ms Excel Kita Mungkin Sering Memakai Rumus-rumus Yang Tertentu Untuk Memudahkan Dalam Perhitungan, Rumus-rumus Yang Kita Buat Tersebut Secara Default Akan Tampak Pada Menu Bar Fungsi, Dengan Demikan Bisa Di Lihat Dan Di Pelajari Oleh Teman Anda Atau Orang Lain, Supaya Biar Tidak Bisa Dilihat Dan Tidak Bisa Di Rubah-ubah. Rumus-rumus Terebut Seharusnya Di Sembunyikan Dan Di Kunci Sehingga Dan Apa Bila Teman Anda Juga Orang Yang tidak Di Kenal Yang Mau Merubah Rumus Pada Sell Tertentu, Maka Tidak Akan Bisa Melakukan Perubahan Tersebut. Karna Cell Tersebut Telah Di Kunci Dengan Email Dan Password.



Berikut Ini Untuk Menyembunyikan Dan Mengunci Rumus Excel Dapat Di Simak Dengan Langkah-langkah Seperti Yang Di Bawah Ini.

1.- Pertama Sekali Dengan Secara Default Seluruh Cell Dalam Lembar Kerja Excel Dalam Kondisi Yang Telah Terkunci Atau Locked, Maka Dari Itu Pilih Semua Cell Dengan Cara Menekan (Ctrl + A) Pada Keyboard Anda, Lalu Tekan (CTRL + 1) Untuk Membuka Jendela Custom Lists.

2.- Pada Jendela Custom Lists Tekan Klik Pada Tab Protection, Kemudian Hilangkan Tanda Centang Pada (Locked) Dan Klik Ok Dari Sini Swmua Cell Sudah Tidak Terkunci.

3.- Blok Cell Yang Terdapat Pada Rumusnya (Sesuai Keinginan).

4.- Buka Kembali Jendela (Custom Lists) Dan Pilih Tab (Protection).

5.- Beri Tanda Centang Dan Aktifkan Locked Dan Hidden Lalu Klik Ok.

6.- Lalu Pada Menu Home Klik Format Dan Pilih (Protect Sheet).

7.- Pada Jendela Yang Muncul Aktifkan Dan Beri Tanda Centang Pada Pilihan Yang Hendak Di Kunci Pada (Allow All User This Worksheet To).

8.- Pada Password (To umprotect sheet) Masukkan Password Anda Lalu Klik Ok.

9.- Lalu Muncul Confirm Password, Masukkan Lagi Password Anda Dan Klik Ok.

10.- Dan Simpan Data Anda Dengan Menekan (Tombol Ctrl + S).

11.- Untuk Membuka Kunci Atau Unprotect Sheet Bisa Di Lakukan Dengan Memformat, Kemudia Pilih (Unprotect Sheet) Lalu Masukkan Passwoard Anda. 

Sekian Saja Ucapan Terimakasih Saya Saat Ini Data Dan Rumus Anda Sudah Terkunci Dan Terhidden.

From : http://karya-mandau.blogspot.com/2012/11/cara-mengunci-dan-menyembunyikan-rumus.html 

0 komentar:

Posting Komentar